Dalam finansial dan ekonomi, Divestasi Perusahaan (Divestiture) adalah pengurangan beberapa jenis aset baik dalam bentuk finansial atau barang, dapat pula disebut penjualan dari bisnis yang dimiliki oleh perusahaan. Ini adalah kebalikan dari investasi pada aset yang baru.
Sebagai contoh, Eastman Kodak, Ford Motor Company, dan banyak perusahaan lainnya telah menjual beragam bisnis yang tidak berelasi dengan bisnis utamanya.
Kedua, untuk memperoleh keuntungan. Divestasi menghasilkan keuntungan yang lebih baik bagi perusahaan karena divestasi merupakan usaha untuk menjual bisnis agar dapat memperoleh uang.
Sebagai contoh, CSX Corporation melakukan divestasi untuk berfokus pada bisnis utamanya yaitu pembangunan rel kereta api serta bertujuan untuk memperoleh keuntungan sehingga dapat membayar hutangnya pada saat ini.
Ketiga, kadang-kadang dipercayai bahwa nilai perusahaan yang telah melakukan divestasi (menjual bisnis tertentu mereka) lebih tinggi daripada nilai perusahaan sebelum melakukan divestasi.
Dengan kata lain, jumlah nilai aset likuidasi pribadi perusahaan melebihi nilai pasar bila dibandingkan dengan perusahaan pada saat sebelum melakukan divestasi.
Hal ini memperkuat keinginan perusahaan untuk menjual apa yang seharusnya bernilai berharga daripada terlikuidasi pada saat sebelum divestasi.
Keempat, unit bisnis tersebut tidak menguntungkan lagi. Semakin jauhnya unit bisnis yang dijalankan dari core competence perusahaan, maka kemungkinan gagal dalam operasionalnya semakin besar.
Di Amerika Serikat, divestasi bagian-bagian tertentu dari sebuah perusahaan dapat terjadi bila diperlukan oleh Federal Trade Commission sebelum merger dengan perusahaan lain disetujui. Sebuah perusahaan dapat melakukan divestasi aset ke anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki.
Hal itu adalah proses menjual aset. Divestasi perusahaan terbesar dalam sejarah terjadi pada tahun 1984, U.S. Department of Justice mengeluarkan mandat pemecahan dari Bell System menjadi AT&T dan tujuh anak perusahaan, Baby Bells.
Dari 1.000 perusahaan global terbesar, perusahaan-perusahaan yang secara aktif terlibat baik dalam pembelian dan divestasi perusahaan menciptakan shareholder return 1,5-4,7 persen lebih tinggi daripada mereka yang fokus pada pengakuisisian.
Sebagai contoh, Alcoa telah mendirikan sebuah online showroom yang menampilkan divisi yang mereka jual.
Dengan melakukan komunikasi secara online, Alcoa telah mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk membiayai divisi yang bergerak pada hotel, usaha transportasi, dan urusan pertemuan.
Alasan Divestasi Perusahaan (Divestiture)
Perusahaan memiliki beberapa motif untuk divestasi. Pertama, sebuah perusahaan akan melakukan divestasi (menjual) bisnis yang bukan merupakan bagian dari bidang operasional utamanya sehingga perusahaan tersebut dapat berfokus pada area bisnis terbaik yang dapat dilakukannya.Sebagai contoh, Eastman Kodak, Ford Motor Company, dan banyak perusahaan lainnya telah menjual beragam bisnis yang tidak berelasi dengan bisnis utamanya.
Kedua, untuk memperoleh keuntungan. Divestasi menghasilkan keuntungan yang lebih baik bagi perusahaan karena divestasi merupakan usaha untuk menjual bisnis agar dapat memperoleh uang.
Sebagai contoh, CSX Corporation melakukan divestasi untuk berfokus pada bisnis utamanya yaitu pembangunan rel kereta api serta bertujuan untuk memperoleh keuntungan sehingga dapat membayar hutangnya pada saat ini.
Ketiga, kadang-kadang dipercayai bahwa nilai perusahaan yang telah melakukan divestasi (menjual bisnis tertentu mereka) lebih tinggi daripada nilai perusahaan sebelum melakukan divestasi.
Dengan kata lain, jumlah nilai aset likuidasi pribadi perusahaan melebihi nilai pasar bila dibandingkan dengan perusahaan pada saat sebelum melakukan divestasi.
Hal ini memperkuat keinginan perusahaan untuk menjual apa yang seharusnya bernilai berharga daripada terlikuidasi pada saat sebelum divestasi.
Keempat, unit bisnis tersebut tidak menguntungkan lagi. Semakin jauhnya unit bisnis yang dijalankan dari core competence perusahaan, maka kemungkinan gagal dalam operasionalnya semakin besar.
Divestasi Perusahaan (Divestiture) untuk Tujuan Finansial
Seringkali istilah ini digunakan sebagai sarana untuk tumbuh secara finansial di mana sebuah perusahaan menjual unit bisnis untuk memfokuskan sumber daya mereka pada pasar yang lebih menguntungkan, atau menjanjikan. Kadang-kadang, tindakan seperti itu dapat menjadi spin-off.Di Amerika Serikat, divestasi bagian-bagian tertentu dari sebuah perusahaan dapat terjadi bila diperlukan oleh Federal Trade Commission sebelum merger dengan perusahaan lain disetujui. Sebuah perusahaan dapat melakukan divestasi aset ke anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki.
Hal itu adalah proses menjual aset. Divestasi perusahaan terbesar dalam sejarah terjadi pada tahun 1984, U.S. Department of Justice mengeluarkan mandat pemecahan dari Bell System menjadi AT&T dan tujuh anak perusahaan, Baby Bells.
Dari 1.000 perusahaan global terbesar, perusahaan-perusahaan yang secara aktif terlibat baik dalam pembelian dan divestasi perusahaan menciptakan shareholder return 1,5-4,7 persen lebih tinggi daripada mereka yang fokus pada pengakuisisian.
Metode Divestasi Perusahaan (Divestiture)
Beberapa perusahaan menggunakan teknologi untuk memfasilitasi proses divestasi beberapa divisi. Mereka mempublikasikan informasi tentang divisi mana saja yang ingin mereka jual pada situs resmi mereka sehingga dapat dilihat oleh perusahaan lain yang sekiranya tertarik untuk membeli divisi tersebut.Sebagai contoh, Alcoa telah mendirikan sebuah online showroom yang menampilkan divisi yang mereka jual.
Dengan melakukan komunikasi secara online, Alcoa telah mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk membiayai divisi yang bergerak pada hotel, usaha transportasi, dan urusan pertemuan.