-->

Cara Menemukan Sumber Gagasan bagi Produk dan Jasa Baru

Walaupun terdapat banyak pendekatan untuk mencari sumber gagasan dari produk dan jasa baru, proses ini bisa dipercepat dengan penggunaan saran-saran berikut di mana gagasan baru bisa memunculkan adanya usaha baru.

A. Kebutuhan akan sumber penemuan

Penemuan atau inovasi berasal dari persepsi kebutuhan yang jelas ingin dipenuhi. Terdapat banyak contoh barang atau jasa yang telah dikembangkan dari persepsi demikian itu. Barang dan jasa tersebut berkisar dari mulai yang sederhana hingga yang rumit, dari yang mahal hingga yang murah.

B. Hobi atau kesenangan pribadi

Hobi atau minat pribadi adakalanya bisa mendorong bisnis baru. Misalnya kesenangan membuat roti akan bisa memunculkan usaha baru. Dengan mengembangkan roti yang mempunyai rasa yang khas yang disukai oleh orang lain, seseorang bisa mendirikan usaha pembuatan roti tersebut.

C. Mengamati kecenderungan-kecenderungan

Kecenderungan dan kebiasaan dalam mode merupakan sumber gagasan untuk melakukan ventura baru. Banyak peluang yang terlihat oleh para pengamat mendorongnya untuk mengerjakan sesuatu yang baru pada saat yang tepat.

D. Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada

Lahan yang subur bagi gagasan barang dan jasa baru terletak pada pengamatan kekurangan pada barang dan jasa yang ada. Pendekatan ini ditujukan untuk memperbaiki kinerja atau menambah keunggulan yang diperlukan.

E. Mengapa tidak terdapat...?

Peluang bagi usaha baru adakalanya datang di dalam menjawab pertanyaan, “Mengapa tidak terdapat...?” sebagai contoh tidak adanya cairan penghapus tinta merupakan peluang mendirikan usaha baru yang disebabkan tidak adanya alat untuk menghapus tinta.

F. Kegunaan lain dari barang-barang biasa

Banyak produk komersil berasal dari penerapan barang-barang biasa untuk kegunaan lain yang bukan kegunaan yang dimaksudkan dari barang itu. Barang tersebut berkisar dari perubahan karakter dan kegunaan dari barang akhir hingga pengembangan penerapan baru barang yang tidak terpakai.

G. Pemanfaatan produk dari perusahaan lain

Banyak perusahaan baru yang terbentuk sebagai perusahaan yang memanfaatkan produk dari perusahaan yang sudah ada. Misalnya seorang pegawai pengetik dari suatu perusahaan berusaha mendapatkan tambahan pendapatan dengan mengetik skripsi, laporan, dan lain-lain di rumahnya di malam hari dan dihari minggu. Beberapa pemberi order merasa puas dengan hasil kerjanya sehingga mereka menjadi konsumen tetap. Ketika usahanya berkembang dan penghasilannya melebihi penghasilannya di kantor, pengetik tersebut semakin terlibat dengan pekerjaan di rumahnya sehingga dia memutuskan untuk mengembangkan usahanya sendiri denga membuka biro pengetikan.

1 comments:

avatar

Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Murah bisa menghubungi kami.

Silahkan mampir ke http://id.arthurteknik.com/

Click to comment