-->

Info Keuangan: RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia

RAPBN 2019


APBN UNTUK MENDORONG INVESTASI DAN DAYA SAING MELALUI PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA


Asumsi Dasar Ekonomi Makro 2019

RAPBN tahun 2019 disusun dengan memperhatikan kondisi terkini serta prospek perekonomian global maupun domestik ke depan yang tercermin dari asumsi dasar ekonomi makro sebagai berikut.
  1. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan mencapai 5,3 persen;
  2. lnflasi masih dapat terkendali dalam kisaran 3,5 persen;
  3. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan berada pad a Rp14.400 per dolar Amerika Serikat;
  4. Tingkat suku bunga SPN 3 bulan sebesar 5,3 persen;
  5. Indonesia Crude Price (ICP) diperkirakan rata-rata mencapai USD70,0 per barel;
  6. Lifting minyak dan gas bumi diperkirakan masing-masing mencapai 750 ribu barel per hari dan 1 .750 rihu harel setarn minyak per hari.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Perekonomian nasional pada 2019 diperkirakan masih melanjutkan tren perbaikan dengan tumbuh sebesar 5,3 persen. Pada tahun 2019, tingkat keyakinan masyarakat akan terus dijaga agar tingkat konsumsi, keberlangsungan usaha, dan investasi tetap meningkat sejalan dengan berlangsungnya Pemilihan Umum baik legislatif maupun Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu, penyelesaian pembangunan infrastruktur dan keberlanjutan reformasi kebijakan yang merupakan prioritas utama terus dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik investasi agar dapat mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi. Dari sisi perdagangan internasional, peningkatan kinerja pertumbuhan ekspor diarahkan pada barang yang berbasis nonkomoditas yang memiliki nilai tambah tinggi, sehingga diharapkan mampu memberikan multiplier effect yang besar terhadap perekonomian.

Pokok-pokok Kebijakan RAPBN Tahun 2019

RAPBN tahun 2019 dirancang sebagai kebijakan fiskal yang sehat, adil, dan mandiri. APBN yang sehat tercermin pada defisit yang semakin turun dan keseimbangan primer menuju positif. RAPBN tahun 2019 juga disusun secara adil dengan menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik dan sumber daya manusia, antara pembangunan pusat dan daerah, serta penerapan sistem perpajakan yang adil. Selanjutnya, penerimaan perpajakan yang menjadi sumber utama pendanaan APBN merupakan gambaran kemandirian fiskal.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia

1. Pendapatan Negara

Dalam postur RAPBN 2018, pendapatan negara diproyeksikan sebesar Rp2142,5 triliun, yang terdiri atas penerimaan perpajakan Rp1.781,0 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Hibah sebesar Rp361,5 triliun. Untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan belanja, maka pendapatan negara dan hibah ditargetkan mencapai 12,7-14,4 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Besaran pendapatan negara dan hibah tersebut terutama bersumber dari penerimaan perpajakan dengan tax ratio sebesar 11,4-13,6 persen. Dalam hal ini, perhitungan tax ratio mencakup penerimaan perpajakan, PNBP migas, dan PNBP pertambangan umum.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Untuk mencapai target penerimaan perpajakan, Pemerintah akan terus melaksanakan reformasi perpajakan dengan meningkatkan kepatuhan dan pengawasan, transparansi informasi perpajakan, serta pemberian insentif yang tepat sasaran untuk mendorong peningkatan investasi. Pajak nonmigas diperkirakan sebesar Rp1.510,0 triliun, tumbuh 16,6 persen dari targetnya dalam outlook APBN tahun 2018.

Sementara PNBP akan dilakukan optimalisasi baik di sektor migas, pendapatan kekayaan negara dipisahkan, dan pendapatan Badan Layanan Umum dengan tetap menjaga iklim dunia usaha dan kelestarian lingkungan. PNBP ditargetkan sebesar Rp361,1 tumbuh 3,4 persen dari targetnya dalam outlook APBN tahun 2018.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Sementara itu, penerimaan dari Kepabeanan dan Cukai ditargetkan sebesar Rp208,7 triliun, tumbuh 5,6 persen dari targetnya dalam outlook APBN tahun 2018. Pendapatan cukai sendiri ditargetkan sebesar Rp165.501,0 miliar, terdiri atas cukai hasil tembakau (HT), cukai ethil alkohol (EA), cukai minuman mengandung ethil alkohol (MMEA), denda administrasi cukai, dan cukai lainnya. Pendapatan cukai dalam RAPBN tahun 2019 tersebut naik 6,4 persen dibandingkan targetnya dalam outlook tahun 2018.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia

2. Belanja Pemerintah Pusat

Belanja pemerintah pusat dalam RAPBN tahun 2019 direncanakan sebesar Rp1.607,3 triliun, atau meningkat 10,6 persen terhadap outlook APBN Tahun 2018, yang terdiri atas belanja K/L sebesar Rp840,3 triliun dan belanja non K/L sebesar Rp767,1 triliun. Peningkatan besaran belanja tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah dalam mengakselerasi pencapaian target pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan, pemenuhan kewajiban, dan pelaksanaan berbagai agenda nasional.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Pemerintah terus melakukan upaya untuk meningkatkan layanan pendidikan berkualitas yang merata bagi setiap warga negara. Anggaran pendidikan yang dialokasikan Pemerintah dengan porsi 20 persen dari APBN sesuai dengan amanat konstitusi, perlu diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, yang pada akhirnya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Berbagai langkah yang akan ditempuh Pemerintah, antara lain mencakup:
  1. Peningkatan akses yang merata dan berkeadilan;
  2. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana sekolah;
  3. Meningkatkan kualitas dan ketersediaan guru;
  4. Memperkuat pendidikan vokasi;
  5. Memperkuat sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemda terutama dalam peningkatan akses dan kualitas pendidikan;
  6. Mempersiapkan tenaga pendidik yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan teknologi digital; dan
  7. Mendorong perluasan program beasiswa afirmasi dan pengembangan beasiswa yang bersifat khusus.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional dalam RPJMN tahun 2015 – 2019. Hal ini mengingat pentingnya kesehatan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan dalam rangka pembentukan sumber daya manusia Indonesia serta peningkatan ketahanan dan daya saing bangsa bagi pembangunan bangsa. Dalam RAPBN tahun 2019, Pemerintah tetap konsisten dalam pemenuhan anggaran kesehatan sebesar 5 persen dari total APBN. Alokasi anggaran kesehatan dalam RAPBN tahun 2019 direncanakan mencapai Rp122,0 triliun.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Terkait percepatan pembangunan infrastruktur di tahun 2019, Pemerintah akan melanjutkan penyelesaian target pembangunan infrastruktur di berbagai daerah yang berupa jalan nasional baru, jalan tol, bendungan, serta jaringan irigasi antara lain: Pembangunan/rekonstruksi/pelebaran jalan 2.007 km, irigasi 162 ribu Ha, pembangunan 7.512 unit rumah susun, 4 bandar udara baru, dan 415,2 km'sp. Target tersebut selain melalui belanja kementerian negara/lembaga dipenuhi juga melalui KPBU dan PMN.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp832,3 triliun dalam RAPBN tahun 2019 diarahkan untuk:
1. meningkatkan pemerataan kemampuan keuangan antardaerah;
2. meningkatkan kualitas dan mengurangi ketimpangan layanan publik antardaerah;
3. mendukung upaya percepatan pengentasan kemiskinan di daerah.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia


3. Pembiayaan Anggaran

Defisit anggaran akan ditutup dengan sumber-sumber pembiayaan anggaran yang mengacu pada kebijakan untuk mengendalikan rasio utang terhadap PDB dalam batas aman dan efisiensi pembiayaan anggaran agar tercapai fiscal sustainability. Defisit anggaran pada RAPBN tahun 2019 diperkirakan mencapai Rp297,2 triliun (1,84 persen PDB) atau turun dibandingkan outlook APBN tahun 2018 sebesar 2, 12 persen terhadap PDB. Sementara itu, keseimbangan primer terus diupayakan mengalami penurunan menjadi negatif Rp21,7 triliun dari outlook tahun 2018 sebesar negatif Rp64,8 triliun. Penurunan defisit dan keseimbangan primer tersebut menunjukkan bahwa fiskal dikelola secara hati-hati dan bertanggung jawab, serta sustainable.
RAPBN 2019 Fokus Pada Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia
Secara keseluruhan, pembiayaan utang dalam APBN tahun 2019 direncanakan sebesar Rp359.279,1 miliar atau turun 7,2 persen jika dibandingkan dengan outlook tahun 2018 sebesar Rp387.361,0 miliar. Pembiayaan utang dalam APBN tahun 2019 dipenuhi dari penerbitan SBN dan penarikan pinjaman, dimana untuk penerbitan SBN masih menjadi sumber utama pembiayaan utang, namun tidak menutup kemungkinan adanya penambahan pinjaman luar negeri dalam bentuk pinjaman tunai saat kondisi pasar dipenuhi ketidakpastian. Nilai outstanding pinjaman dalam dolar Amerika Serikat relatif stabil di kisaran USD50 miliar. Pada Juni 2018, outstanding pinjaman sebesar USD54,5 miliar atau ekuivalen Rp785,1 triliun. Pada RAPBN tahun 2019, nilai pinjaman neto direncanakan sebesar negatif Rp26.934,2 miliar.

Sumber: https://www.kemenkeu.go.id/rapbn2019

4 comments

avatar

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

avatar

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

avatar

Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

avatar

Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

Click to comment