-->

Bagaimana Memulai Bisnis Online

Bagaimana memulai bisnis online merupakan pertanyaan banyak orang yang ingin memulai bisnis. Ada langkah-langkah yang terbukti dapat diikuti untuk membantu kesuksesan Anda ketika Anda memulai bisnis online. Berikut adalah cara yang banyak dilakukan orang memulai dan menumbuhkan bisnis yang sukses:
  1. Temukan produk yang dibutuhkan.
  2. Tulis salinan yang dijual.
  3. Merancang dan membangun situs web yang mudah digunakan.
  4. Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
  5. Tetapkan reputasi ahli untuk diri Anda sendiri.
  6. Tindak lanjuti dengan pelanggan dan pelanggan Anda dengan email.
  7. Tingkatkan penghasilan Anda melalui penjualan back-end dan upselling.
Siapa pun, mulai dari pemula hingga pengusaha online berpengalaman, dapat memperoleh manfaat dari proses ini dalam mempelajari cara memulai bisnis online.

Langkah 1: Mencari apa yang dibutuhkan pasar

Mencari apa yang dibutuhkan pasar adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Kebanyakan orang yang baru mulai bisnis membuat kesalahan dengan menentukan lebih dahulu produk yang akan dijual dibandingkan dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar.

Jika Anda sudah tahu apa yang dibutuhkan pasar dan seberapa banyak atau berat saingan yang ada, maka Anda dapat menentuan produk apa yang memiliki peluang tinggi bagi keberhasilan Anda.

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa riset agar mengetahui kondisi di lapangan. Apa masalah yang ada, dan solusi apa yang perlu dipikirkan untuk ditawarkan. Riset pasar dapat dengan mudah dilakukan melalui internet.

Cobalah mengunjungi forum-forum online, atau menjadi kata kunci produk (bisa menggunakan Google Keyword Planner) yang banyak dicari, namun belum banyak situs yang bersaing.

Anda juga bisa mengunjungi situs bisnis online yang sudah ada, lalu mempelajari cara kerjanya, bagaimana mereka memenuhi permintaan. Dari situ, bisa jadi Anda menemukan cara yang lebih baik dalam menjalankan bisnis online.

Langkah 2: Deskripsi produk yang baik

Deskripsi produk begitu penting sebab orang akan mengetahui seberapa baik kualitas produk yang ditawarkan sehingga mereka harus membelinya. Namun jika deskripsi tidak menarik dan meyakinkan, maka peluang Anda menjadi semakin menurun:
  • Buatlah judul menarik yang dapat menggugah orang untuk melihat.
  • Jelaskan kelebihan/keunggulan/manfaat produk Anda.
  • Utamakan kredibilitas sehingga konsumen tidak merasa tertipu.
  • Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
  • Tawarkan dengan garansi yang meyakinkan.
Orang akan membeli karena kebutuhan dan manfaat apa yang didapat dari apa yang mereka beli. Maka kepuasan pelanggan harus bisa dipastikan terjaga dengan baik. Hal ini terkait dengan keberlangsungan bisnis Anda. Selama produk Anda berkualitas dan memberi manfaat, maka selama itu pula peluang selalu terbuka.

Langkah 3: Membangun Website

Bisnis online tidak terlepas dari teknologi informasi. Sebisa mungkin Anda memiliki website yang dapat menjadi tempat menawarkan produk. Bisa saja menggunakan sosial media, namun dengan memiliki website sendiri, jangkauan akan menjadi semakin luas. Beberapa tips penting untuk diingat:
  • Gunakan tampilan web bersih dengan background putih dan ramah pelanggan.
  • Buat navigasi yang jelas dan sederhana.
  • Isi konten produk semenarik mungkin.
  • Sertakan subscribe email agar Anda dapat mengumpulkan email pengunjung dan mereka dapat mengikuti update konten Anda.
  • Usahakan calon pembeli tidak kesulitan dalam membeli, jangan lebih dari dua klik, mereka harus sudah dapat melakukan pembelian.
  • Banyak designer web yang dapat membantu jika Anda tidak dapat membuat website sendiri.

Langkah 4: Mengiklanan Website Anda.

Iklan bayar per klik adalah cara termudah untuk mendapatkan pengunjung ke situs Anda. Ini memiliki dua keunggulan dibandingkan menunggu lalu lintas datang kepada Anda secara organik. Pertama, iklan muncul di halaman pencarian segera, dan kedua, iklan PPC memungkinkan Anda menguji kata kunci yang berbeda, serta informasi utama, harga dan pendekatan penjualan.

Anda tidak hanya mendapatkan pengunjung langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakan iklan untuk menemukan kata kunci konversi terbaik. Kemudian Anda dapat mendistribusikan kata kunci di seluruh situs Anda dalam copy dan kode Anda, yang akan membantu peringkat Anda dalam hasil pencarian organik.

Langkah 5: Tetapkan reputasi ahli untuk diri Anda sendiri.

Orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Berikan informasi itu secara gratis ke situs lain, dan Anda akan melihat lebih banyak lalu lintas dan peringkat mesin telusur yang lebih baik. Rahasianya adalah selalu menyertakan tautan ke situs Anda dengan setiap informasi menarik.

Memberikan konten gratis dan ahli. Buat artikel, video, atau konten lain yang akan berguna bagi orang lain. Distribusikan konten itu melalui direktori artikel online atau situs media sosial.

Sertakan tautan "kirim ke teman" pada konten yang berharga di situs web Anda.

Menjadi ahli aktif di forum industri dan situs jejaring sosial di mana pasar target Anda hang out.

Anda akan menjangkau pembaca baru. Tetapi bahkan lebih baik, setiap situs yang memposting konten Anda akan menautkan kembali ke situs Anda. Mesin pencari menyukai tautan dari situs yang relevan dan akan memberi Anda imbalan dalam peringkat.

Langkah 6: Gunakan kekuatan pemasaran email untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Saat Anda membuat daftar keikutsertaan, Anda membuat salah satu aset paling berharga dari bisnis online Anda. Pelanggan dan pelanggan Anda telah memberi Anda izin untuk mengirim email kepada mereka. Itu berarti:
  • Anda memberi mereka sesuatu yang mereka minta.
  • Anda mengembangkan hubungan seumur hidup dengan mereka.
  • Tanggapannya 100 persen terukur.
  • Pemasaran email lebih murah dan lebih efektif daripada cetak, TV atau radio karena sangat ditargetkan.
  • Siapa pun yang mengunjungi situs Anda dan ikut serta dalam daftar Anda adalah prospek yang sangat panas. Dan tidak ada alat yang lebih baik selain email untuk menindaklanjuti petunjuk tersebut.

Langkah 7: Tingkatkan penghasilan Anda melalui penjualan back-end dan upselling.

Salah satu strategi pemasaran internet yang paling penting adalah mengembangkan setiap nilai seumur hidup pelanggan. Setidaknya 36 persen orang yang telah membeli dari Anda sekali akan membeli dari Anda lagi jika Anda menindaklanjuti dengan mereka. Menutup bahwa penjualan pertama adalah bagian yang paling sulit - belum lagi yang paling mahal. Jadi, gunakan penjualan dan jualan akhir untuk membuat mereka membeli lagi:
  • Tawarkan produk yang melengkapi pembelian asli mereka.
  • Kirim kupon loyalitas elektronik yang dapat ditukarkan pada kunjungan berikutnya.
  • Tawarkan produk terkait pada halaman "Terima Kasih" Anda setelah mereka membeli.
  • Beri imbalan kepada pelanggan Anda untuk kesetiaan mereka dan mereka akan menjadi lebih loyal.
Internet berubah sangat cepat sehingga satu tahun online sama dengan sekitar lima tahun di dunia nyata. Namun prinsip-prinsip bagaimana memulai dan menumbuhkan bisnis online yang sukses tidak berubah sama sekali.

Jika Anda baru memulai bisnis online kecil, ikuti urutan ini. Jika Anda sudah online beberapa waktu, lakukan peninjauan cepat dan lihat apakah ada langkah yang Anda lalaikan, atau jangan pernah lakukan di tempat pertama. Anda tidak bisa salah dengan hal-hal mendasar.

Click to comment