-->

Privileged Subscription

Selain menerbitkan sekuritas untuk dijual kepada investor, perusahaan dapat menawarkan privileged subscription kepada para pemegang saham. Privileged subscription adalah menjual sekuritas baru yang mana pemegang saham yang ada diberi preferensi dalam pembelian sekuritas untuk menambah proporsi jumlah lembar saham yang mereka telah miliki. Metode penawaran ini disebut juga penawaran hal (right offering).

Dalam penawaran hak, perusahaan dapat memberi preemptive right kepada pemegang saham lama, yang disebut preemptive right. Preemptive right adalah hak istimewa pemegang saham untuk menjaga proporsi kepemilikannya terhadap perusahaan dengan membeli sejumlah lembar sekuritas yang baru yang berupa saham biasa, atau sekuritas konversi dari obligasi ke saham biasa.

Saat sebuah perusahaan menawarkan penjualan sekuritas dengan penawaran hak (right offering), pemegang saham lama diberi right issue.

Right issue adalah option (pilihan) jangka pendek untuk membeli sejumlah sekuritas yang dikeluarkan perusahaan, dinamakan juga subscription right. Right memberikan pemegang saham biasa berupa option untuk membeli tambahan saham menurut term of offering. Pemegang right issue mempunyai tiga pilihan
  1. menggunakan hak (exercise the right and subscribe) untuk menambah saham,
  2. menjual hak (right), sebab right dapat dipindahtangankan, atau
  3. tidak melakukan apa-apa dan membiarkan haknya hilang (tidak menggunakan haknya).
Cara pendistribusian right issue mirip dengan dividen kas. Direksi mengumumkan tanggal pencatatan, dan empat hari sebelumnya merupakan ex right date.

Investor yang membeli saham perusahaan sebelum ex right date menerima hak untuk membeli saham baru perusahaan. Saham tersebut dikatakan right on sebelum ex right date. Sedangkan saham dibeli setelah ex right date dinamakan ex right.

Click to comment