Sesudah usaha kecil menjadi mapan, studi matrik produk pasar akan memberikan cara memperbesar pasar tertentu atau membuka pasar baru. Matriks tersebut memberikan cara uji silang (cross check) kemungkinan produk baru yang ada terhadap pasar baru dan pasar yang ada.
Produk yang dipasarkan sekarang ini cepat atau lambat akan menjadi produk yang ketinggalan jaman. Pencarian gagasan baru bagi produk untuk menggantikannya harus berlangsung terus-menerus.
Lingkungan di mana usaha kecil harus tetap hidup berubah secara terus menerus akibat dampak kekuatan teknologi, sosial, dan hukum. Karakter pasar pun ikut berubah di dalam merespon kekuatan-kekuatan tersebut. Tetapi ketika pasar berubah, permintaan produk mungkin akan turun dengan cepat.
Pasar yang ada cenderung menghilang. Jika perusahaan tidak melakukan inovasi secara terus menerus, perusahaan tersebut akan lenyap. Perusahaan kecil tidak bisa bergantung secara tidak terbatas keberadaannya pada pasar tradisional. Inovasi adalah perlu bagi kelangsungan hidup.
Inovasi besar dalam bidang di mana perusahaan beroperasi merupakan sumber peningkatan pendapatan. Produk yang sama atau identik dengan produk yang ada di pasar tetapi baru bagi perusahaan memungkinkan peningkatan pendapatan dari konsumen yang ada.
Adakalanya perusahaan kecil mendapatkan manfaat dari penambahan produk yang berbeda dari yang ada pada lini produk tetapi ada di pasaran negara lain.
Pengembangan produk baru untuk pasar baru membutuhkan adanya penemuan atau sekurangkurangnya inovasi yang besar. Perusahaan kecil harus meneliti kemampuan serta pengetahuan manajerial khususnya, di samping sedikit keberuntungan, agar hal tersebut memberikan keberhasilan yang besar.
Terdapat peluang yang besar di dalam mengidentifikasi kebutuhan baru bagi pasar baru. Pertumbuhan dan perubahan menghasilkan kebutuhan tersebut, dan pemenuhan kebutuhan akan menciptakan perubahan yang merangsang pertumbuhan lebih lanjut.
Cara lain membuka usaha kecil adalah dengan mengikuti langkah para inovator secepat mungkin. Hal ini membutuhkan keterampilan dalam penelitian dan pengembangan untuk belajar dari kesalahan atau kekurangan dari para inovator serta memproduksi prototipe menjadi produk yang bisa dipasarkan.
Jika produk menunjukkan adanya perbaikan yang berarti atau bahkan ciri khusus yang ditambahkan bisa bersaing dengan produk unggulan yang ada di pasar, perusahaan bisa membuka akses ke dalam pasar dan perusahaan bisa tetap mendapat keuntungan dengan mempertahankan harga sama dengan produk unggulan di pasar.
Produk yang Ada dan Pasar yang Ada
Perubahan yang terjadi di dunia sedemikian cepat, produk yang ada lahir, berkembang, dan mati dalam rentang waktu yang sedemikian singkatnya dibandingkan sebelumnya.Produk yang dipasarkan sekarang ini cepat atau lambat akan menjadi produk yang ketinggalan jaman. Pencarian gagasan baru bagi produk untuk menggantikannya harus berlangsung terus-menerus.
Lingkungan di mana usaha kecil harus tetap hidup berubah secara terus menerus akibat dampak kekuatan teknologi, sosial, dan hukum. Karakter pasar pun ikut berubah di dalam merespon kekuatan-kekuatan tersebut. Tetapi ketika pasar berubah, permintaan produk mungkin akan turun dengan cepat.
Pasar yang ada cenderung menghilang. Jika perusahaan tidak melakukan inovasi secara terus menerus, perusahaan tersebut akan lenyap. Perusahaan kecil tidak bisa bergantung secara tidak terbatas keberadaannya pada pasar tradisional. Inovasi adalah perlu bagi kelangsungan hidup.
Produk yang Ada, Pasar Baru: Diversifikasi Pasar
Diversifikasi pasar memberi peluang pada perusahaan kecil untuk memanfaatkan lini produk yang ada dengan menemukan penggunaan baru yang memungkinkan terbukanya segmen pasar baru. Perubahan kecil atau perbaikan produk yang ada mungkin akan memunculkan konsumen baru.Produk Baru bagi Pasar yang Ada: Diversifikasi Produk
Cara lain meningkatkan luas usaha kecil yang ada adalah tambahan produk baru bagi pasar yang ada. Produk tersebut mungkin adalah hasil dari inovasi atau tambahan bagi produk yang ada di pasar tetapi baru bagi perusahaan.Inovasi besar dalam bidang di mana perusahaan beroperasi merupakan sumber peningkatan pendapatan. Produk yang sama atau identik dengan produk yang ada di pasar tetapi baru bagi perusahaan memungkinkan peningkatan pendapatan dari konsumen yang ada.
Adakalanya perusahaan kecil mendapatkan manfaat dari penambahan produk yang berbeda dari yang ada pada lini produk tetapi ada di pasaran negara lain.
Produk Baru untuk Pasar yang Ada: Diversifikasi Pasar
Kategori terakhir dari matriks produk pasar adalah produk baru untuk pasar baru. Saluran ini memberikan risiko paling besar, tetapi sering mendatangkan laba yang besar pula.Pengembangan produk baru untuk pasar baru membutuhkan adanya penemuan atau sekurangkurangnya inovasi yang besar. Perusahaan kecil harus meneliti kemampuan serta pengetahuan manajerial khususnya, di samping sedikit keberuntungan, agar hal tersebut memberikan keberhasilan yang besar.
Terdapat peluang yang besar di dalam mengidentifikasi kebutuhan baru bagi pasar baru. Pertumbuhan dan perubahan menghasilkan kebutuhan tersebut, dan pemenuhan kebutuhan akan menciptakan perubahan yang merangsang pertumbuhan lebih lanjut.
Perubahan Teknologi sebagai Sumber Produk atau Jasa Baru
Inovasi atau penemuan yang berasal dari perubahan teknologi memberikan peluang besar di samping risiko tinggi. Perusahaan kecil dengan kemampuan teknis yang diperlukan mungkin bisa menghasilkan produk baru pertama kali dengan menekankan pada kebijakan inovasi teknis, jika ini digabung dengan usaha pemasaran yang benar, hasilnya akan sangat mengejutkan.Cara lain membuka usaha kecil adalah dengan mengikuti langkah para inovator secepat mungkin. Hal ini membutuhkan keterampilan dalam penelitian dan pengembangan untuk belajar dari kesalahan atau kekurangan dari para inovator serta memproduksi prototipe menjadi produk yang bisa dipasarkan.
Jika produk menunjukkan adanya perbaikan yang berarti atau bahkan ciri khusus yang ditambahkan bisa bersaing dengan produk unggulan yang ada di pasar, perusahaan bisa membuka akses ke dalam pasar dan perusahaan bisa tetap mendapat keuntungan dengan mempertahankan harga sama dengan produk unggulan di pasar.