-->

Asuransi Jiwa (Life Insurance)

Asuransi Jiwa (Life Insurance) merupakan asuransi dengan objek pertanggungan berupa jiwa atau kehidupan seseorang. Selain jiwa, jaminan dapat diperluas dengan kesehatan serta kecelakaan. Asuransi jiwa bertujuan memberikan perlindungan dengan menanggung kerugian finansial tak terduga dikarenakan meninggalnya seseorang terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Jaminan ini bisa diberikan apabila seseorang meninggal sebelum waktunya atau secara tiba-tiba. Dengan adanya jaminan tersebut, kehidupan keluarga yang ditinggalkan tetap terjaga. Jaminan ini juga bisa diberikan apabila seseorang telah mencapai masa pensiunnya dan tidak lagi mampu mencari nafkah atau membiayai hidup dan sekolah anak-anaknya.

Asuransi jiwa dapat diperluas dengan beberapa manfaat tambahan dengan penambahan nilai premi, penambahan itu antara lain: mendapatkan penggantian karena kecelakaan, mendapatkan penggantian karena perawatan/ pengobatan, mendapatkan perlindungan keuangan ketika terserang penyakit kritis sesuai dengan ketentuan pada polis, mendapatkan santunan bulanan, dan kebebasan membayar premi sesuai dengan ketentuan polis saat tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap.

Asuransi ini tidak menjamin risiko yang disebabkan oleh bunuh diri, hukuman mati pengadilan, melakukan perbuatan yang melanggar hukum, kegiatan olah raga/ hobi ekstrem dan berbagai sebab lainnya sesuai dengan ketentuan polis yang berlaku.

Terdapat dua kategori polis asuransi jiwa, yakni: asuransi jiwa berjangka (term life insurance) dan asuransi jiwa bernilai tunai (cash value life insurance). Asuransi jiwa berjangka memberikan proteksi pada jangka waktu tertentu saja. Asuransi jiwa bernilai tunai memiliki elemen tabungan dan membangun nilai tunai yang terdiri dari 2 produk utama, yaitu asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa dwiguna. Perusahaan asuransi jiwa juga dapat menjual asuransi kesehatan dan kecelakaan diri namun biasanya dua jenis asuransi itu hanya sebagai jaminan tambahan dari polis induknya atau biasa disebut dengan rider.

Click to comment