-->

Pemasaran Langsung

Terdapat perhatian yang semakin meningkat dalam ventura baru yang melibatkan pemasaran langsung. Ia memberi peluang yang menguntungkan dibanding tipe pemula lainnya karena wirausahawan biasanya menanggung risiko modal awal kecil dan bisa mendapatkan manfaat dari usaha pemasarannya pada pelanggan tertentu yang bisa dijangkau melalui teknik pemasaran langsung.

Karena pemasaran langsung adalah pendekatan kewirausahaan khusus dan karena ia menawarkan beberapa keuntungan yang sama seperti hak guna paten, pendekatan ini dibahas disini.

Definisi Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung bisa dinamakan pengiriman pos langsung, pengiriman pesanan melalui pos, dan tanggapan langsung. Semuanya termasuk kategori pemasaran langsung karena semuanya melibatkan aktivitas total dengan mana penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos, atau kunjungan pribadi dari calon pelanggan.

Inovasi yang Mempercepat Pertumbuhan Pemasaran Langsung

Pertumbuhan pemasaran langsung telah dipercepat dengan sejumlah inovasi penting. Kartu kredit sebagai misalnya mempercepat transaksi pesanan melalui pos, bisa menghindari pembayaran kontan. Perkembangan komputer memungkinkan penyimpangan sejumlah besar data, misalnya mengenai pelanggan, daftar barang, dan lain-lain. Pertumbuhan media surat kabar dan siaran televisi serta radio juga membantu mempercepat pertumbuhan teknik pemasaran langsung.

Keuntungan dari Pemasaran Langsung

Keuntungan utama dari pemasaran langsung adalah kemudahan untuk masuk dalam usaha dan kebutuhan modal yang kecil. Setiap orang bisa masuk dalam usaha pemasaran langsung tanpa ijin usaha yang rumit serta persyaratan keterampilan dan pendidikan yang perlu.

Di samping kemudahan untuk masuk dalam usaha, kebutuhan modal yang diperlukan untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung juga minimal. Tidak diperlukan fasilitas besar, toko, atau jumlah karyawan yang besar untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung. Modal yang diperlukan biasanya digunakan untuk pencetakan, pengeposan, dan daftar-daftar lainnya. Semuanya ini bisa dilakukan sebagai usaha paruh waktu hingga usaha ini mendatangkan aliran kas yang bisa mendukung usaha penuh. Hal ini berbeda dengan ventura baru lainnya yang membutuhkan kerja keras dan perhatian penuh dari wirausahawan.

Usaha pemasaran langsung juga memungkinkan wirausahawan untuk masuk ke pasar dengan cepat. Produk dan jasa bisa diuji untuk menentukan minat pelanggan dengan biaya minimum. Jika produk atau jasa tertentu berhasil, penawaran bisa dengan mudah diperluas untuk memenuhi permintaan potensial terhadap produk tertentu tersebut.

Pertimbangan Pemula yang Penting

Sebagaimana halnya dengan usaha ventura baru, wirausahawan perlu memecahkan masalah penting tertentu. Wirausahawan bisa memulai usaha pemasaran langsung paruh waktu dengan modal kecil. Masalah yang penting dengan biaya overhead yang kecil ini adalah penggunaan kotak pos atau alamat jalan, apakah memungkinkan penggunaan kartu kredit dan penggunaan kiriman bebas bea?

Alamat jalan akan memberikan kredibilitas bagi usaha ventura baru dan karena hal ini merupakan tujuan itu sendiri yang harus diberikan prioritas. Alamat jalan memungkinkan pelanggan setempat melihat produk dari dekat.

Penggunaan kartu kredit meningkatkan hasil potensial. Ia juga menambah kredibilitas dan memberikan kenyamanan pada pelanggan. Hal ini mungkin penting untuk produk-produk mahal karena memungkinkan pelanggan untuk membiayai pembeliannya.

Penggunaan kiriman bebas bea mungkin menambah pengeluaran bagi wirausahawan. Akan tetapi, hal ini akan meningkatkan tanggapan pelanggan karena mempermudah untuk memesan.

Click to comment